Rabu, 07 November 2012

Apa itu Registry Editor Pada Windows

Apa itu Registry Editor Pada Windows. Istilah registry di kalangan pengguna komputer sudah tidak asing lagi. Namun, ternyata bagi sebagian orang awam, registry masih menjadi istilah asing. Apa sih registry windows itu? Mungkin Anda pernah melihat tampilan nama-nama icon di desktop dengan nama yang tidak lazim. Misalnya, yang lazimnya tertulis Recycle Bin, tetapi di desktop tertulis Tempat Sampah atau T4 Sampah. Anda juga pernah mendapatkan sebuah tampilan di desktop tanpa icon satu pun. Nah, semua modifikasi tersebut dilakukan melalui Registry.


Tentu saja, selain untuk memodifikasi tampilan desktop seperti contoh di atas, registry juga dapat dengan leluasa melakukan pengaturan pada windows, baik itu pada desktop, tampilan awal, atau start menu dan juga untuk mengubah cara kerja aplikasi tertentu, mengubah efek visual atau icon, dan masig banyak lagi fungsi-fungsi lainnya termasuk melakukan cheat ketika bermain games.

Namun, menurut Microsoft dalam situsnya http://support.microsoft.com/, pengertian registry adalah pusat susunan database yang digunakan oleh Windows 9x ke atas untuk menyimpan informasi ataupun menkonfigurasi aplikasi, perangkat keras, dan sejumlah pengguna.

Informasi dari registry terus di akses oleh windows untuk mengetahui profil pengguna, aplikasi yang diinstal di komputer dan dokumen apa yang bisa dibuat oleh aplikasi tersebut, pengaturan dari folder dan icon, perangkat lunak yang dipasang dan port yang sedang dipakai.

Registry hampir menggantikan semua file yang berekstensi (.ini) yang digunakan oleh konfigyrasi windows 3x dan MS DOS, seperti autoexec.bat dan config.sys. Meskipun registry ini terdapat di semua versi windows, tetapi setiap windows tersebut memilki registry yang berbeda.

Pada windows XP, registry terbagi atas 5 bagian. Adapun bagian-bagian itu adalah :
HKEY_CLASSES_ROOT
HKEY_CLASSES_ROOT merupakan bagian paling utama pada registry. Bagian ini merupakan kumpulan yang mengepalai kunci akar. Windows menggunakan kumpulan ini untuk mengurus semua jenis file. sebagai contoh : Tempat dimana semua jenis file BMP dikenal, pasti akan dibuka dengan program windows "Paint". Karena banyaknya file yang berlainan jenis, daftar kunci di bawah HKEY_CLASSES_ROOT akan terlihat begitu panjang. Jika anda memasang program baru, daftar ini akan semakin panjang.

HKEY_CURRENT_USER
HKEY_CURRENT_USER merupakan tempat untuk menyimpan pengaturan tentang pengguna yang sedang mengoperasikn komputer. HKEY_CURRENT_USER adalah nama lain dari HKEY_USERS. Jika pengguna sekarang mengubah sesuatu seperti wallpaper, misalnya, Windows atau program akan menyimpan terlebih dahulu pengaturan tersebut di bawah HKEY_CURRENT_USER. Setelah pengguna sekarang Log Off dari komputer, windows akan menyimpan semua konfigurasi tadi kedalam profil di bawah HKEY_USERS secara permanen. Tujuannya adalah untuk memastikan setiap perubahan yang dilakukan hanya akan memberi kesan pada pengguna sekarang saja dan tidak pada setting pengguna-pengguna lainnya.

HKEY_LOCAL_MACHINE
HKEY_LOCAL_MACHINE berisi tentang semua pengaturan Hardware yang dipasang. Semua pengaturan yang tersimpan adalah untuk semua pengguna.

HKEY_USERS
HKEY_USERS memilki semua data pengaturan mengguna komputer. Pengaturan setiap pengguna (Jika Anda memasang lebih dari satu pengguna) akan disimpan dalam profil masing-masing. profil-profil ini memilki perbedaan pengaturan pada wallpaper, sound, warna yang digunakan, screen saver, dan lai-lain.

HKEY_CURRENT_CONFIG
HKEY_CURRENT_CONFIG adalah nama lain dari HKEY_LOCAL_MACHINE>config>nnnn.nnnn adalah nomor profil yang mengandung nomor profil hardware yang dipasang. Setiap profil mempunyai kunci tersendiri yang dipanggil 0001, 0002, dan sebagainya. Berdasarkan dimana kita menyimpan konfigurasi profil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar