Kamis, 10 Januari 2013

Cara mengganti pita printer dot matrix yg biasa dipakai di kantor dan kasir

Meskipun teknologi cetak dokumen saat ini sudah sangat maju dengan kehadiran printer laser, deskjet, inkjet dan 3D printing namun Printer Dot Matrix masih menjadi pilihan bagi banyak orang terutama di perkantoran, kasir, mini market, dll.
Hal ini terjadi karena fungsi printer dot matrix yang tidak bisa digantikan, yaitu kemampuan print di kertas continous paper, membuat carbon copy, dan juga harga pita refill yang tergolong lebih murah.
http://img.copyfaxes.com/media/p/o/ML_3410.jpgNamun tidak seperti mengganti tinta printer bertipe laser ataupun inkjet yang cukup membuka printer dan langsung memasangnya dengan yang baru; maka penggantian pita printer dot matrix lebih sulit dan menantang apalagi untuk orang yang belum pernah melakukannya.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Info Teknologi akan berbagi cara mengganti pita printer dotmatrix  Epson LQ-2170, LQ-2180, LQ-2190, LQ-1170, LQ-1180, LX-300, LX-800, DFX-5000, DFX-8000, dll. (Note: Klik tiap gambar untuk melihat ukuran gambar yang lebih besar)

Cara mengganti pita printer dot matrix

1. Siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan yaitu cutter / silet, isolasi, dan tentu saja pita printer refill (dalam tutorial ini penulis menggunakan pita printer Premium Ribbon Pack yg mudah didapatkan dimanapun)
cara ganti pita printer epson

2. Buka semua pengait yang mengunci kotak cartridge (tempat pita) sampai cartridge terbagi menjadi 2 bagian.
cara membuka cartridge printertinta printer dot matrix

3. Tekan roller cartridge disebelah kiri kebawah (gambar 1), kemudian lepaskan pita printer lama dan bersihkan cartridge printer dari kotoran yang masih tertinggal.
remove ribbon from cartridgegambar printer ribbon

4. Masukkan kotak pita kedalam catridge sesuai posisi yang ada pada gambar dibawah.
Premium Ribbon Pack refill for Epsonchange dot matrix ribbon cartridge

5. Masukkan pita ke roller cartridge disebelah kiri mengikuti alurnya (gambar 1), lalu lepaskan kait dibagian bawah supaya roller menekan kembali. Dan dibagian kardusnya, selipkan pita kebagian bawah kardus (gambar 2).
gambar bagian dalam cartridge printerLipat pita ke bawah kotak refill

6. Setelah selesai kita beralih ke sisi sebelah kanan, dimana anda memasukkan pita sesuai alur yang ada (gambar 1). Lalu sobek bagian karton yang menganga keluar di sisi kanan (gambar 2).
masukkan sesuai alur yang adaTutorial penggantian pita printer epson


7. Bila kedua sisi pita telah terpasang di cartridge, maka alihkan perhatian anda ke bagian kiri kardus dan tarik perlahan-lahan karton keluar.
tarik kardus penahan ribbon


8. Tarik karton secara hati-hati mulai dari bagian bawah. Jangan terlalu cepat karena terkadang pita menempel dikardus sehingga bisa membuat pita dalam catridge berantakan.
cabat kardus secara perlahan-lahancara ganti pita printer kasir

9. Setelah kardus ditarik biasanya ada beberapa bagian pita yg keluar dan berantakan, jadi sebelum ditutup anda harus merapikannya terlebih dahulu.
dot matrix cartridge Epsonisi tinta printer kasir, continuous form, carbon copy

10. Bila sudah rapi, maka satukan lagi 2 bagian catridge dan pasang pengaitnya dengan mantab. Dan untuk menghindari catridge terbuka saat printer bekerja sebaiknya kita jangan lupa memasang isolasi di bagian kiri dan kanan.
foto printer catridgedot matrix LQ-2180, LQ- 2170, LX-300, LX-800rekatkan isolasi agar tidak lepas

11. Pasang plastik pengaman pita head printer. Dan proses penggantian pita printer telah selesai :)
plastic ribbon coverplastik penahan pita di head printercover plastik penahan di head printer

Tips mengganti pita printer dot matrix:

- Lakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru.
- Terkadang pita printer yg disimpan terlalu lama akan lengket pada kardusnya, jadi pukul / tekan kardus secara perlahan dari bagian luar.
- Tutorial diatas menggunakan contoh cartridge printer LQ-2180, tapi anda tetap bisa menerapkannya untuk tipe maupun merek lain karena pada dasarnya caranya sama saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar