Kamis, 10 Januari 2013

HTC dan Apple berdamai atas perkara hak paten

Apple dan HTC berdamai dengan menandatangi perjanjian kontrak hak paten selama 10 tahun kedepan.

Setelah sebelumnya bertikai dalam hal penggunaan hak paten; Apple dan HTC akhirnya berdamai dengan menandatangani kontrak yg akan menghentikan semua tuntutan hukum yang berjalan diantara kedua belah pihak, serta setuju melakukan pertukaran penggunaan paten (cross license) selama 10 tahun kedepan.
Dalam press release yang dikutip Info Teknologi tidak disebutkan detail dari kontrak tersebut, namun meskipun tidak ada informasi mengenai biaya lisensi yang harus dikeluarkan tapi keduanya mengatakan bahwa terjadi sebuah simbiosis yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.
“HTC is pleased to have resolved its dispute with Apple, so HTC can focus on innovation instead of litigation,” – Peter Chou (CEO HTC)
“We are glad to have reached a settlement with HTC, We will continue to stay laser focused on product innovation.” – Tim Cook (CEO Apple)
Bila ditimbang kesepakatan tersebut memang akan menguntungkan kedua belah pihak. Untuk Apple mereka dapat menfokuskan diri mengejar mangsa yang memiliki pangsa besar seperti Samsung. Konsekuensinya meskipun kesepakatan ini akan memperkuat HTC dari sisi inovasi dan meningkatkan penjualan produk mereka, besar kemungkinan pasar yang dicaplok bukanlah milik Apple melainkan sesama hp Android seperti Samsung atau Motorola.
Sementara bagi HTC, kontrak ini membuat mereka lebih fokus berinovasi tanpa perlu menjalani pengadilan yang berbelit-belit serta menyita waktu dan uang yang tidak sedikit. Selain itu HTC dapat menggunakan hak paten Apple yang tidak terdapat di tipe Android lain (secara legal) seperti universal search, slide to unlockbounce scrolling, dll tanpa takut dituntut oleh Apple.
Kini musuh Apple hanya menyisakan 2 pesaing utama saja yaitu Samsung dan Motorola yang kasus hukumnya masih berjalan di pengadilan di berbagai negara. Pertanyaannya kemudian adalah apakah keduanya akan menyusul untuk berdamai atau pertarungan malah akan tambah seru?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar