Senin, 24 Maret 2014

Tutorial Novelty

            Postingan kali ini akan berbicara tentang Novelty. Sebelumnya, apa sih Novelty itu? Novelty adalah software untuk membuat visual novel [atau game lainnya, tapi sejauh ini saya baru mencobanya untuk membuat visual novel, walaupun dari yang saya baca, ada yang menggunakan Novelty untuk membuat RPG –mungkin kalau saya sudah bisa melakukan hal yang sama saya akan membuat postingan tentang itu-] yang dibuat oleh Erik Bernedal pada tahun 2008.
Software ini free dan bisa di dl di sini

Mungkin ada di antara Anda sekalian yang belum kenal atau asing dengan istilah visual novel. Menurut Wikipedia Indonesia visual novel adalah
 Novel visual (ビジュアルノベル visual novel?) atau yang terkadang disebut Sound Novel adalah sebuah jenis permainan yang dapat dimainkan di PC (komputer pribadi) dan sebagian dirilis di game console seperti PSP. Game ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (yang digambar dengan gaya anime), dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter, dan terkadang setiap karakter memiliki sound effect sehingga setiap karakter yang ada dalam visual novel seolah hidup dan dapat berbicara.
Saat ini masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui tentang Visual Novel, dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan (meskipun di Jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir). Banyak sekali masyarakat Jepang yang berkumpul dan membentuk grup kecil untuk membuat Visual Novel, dan mencapai keuntungan yang cukup besar dari penjualan mereka di Comiket.
Pada dasarnya, visual novel adalah sebuah game sederhana [walau ada juga vn yang rumit dan kompleks] dimana Anda sebagai pemain dihadapkan pada pilihan – pilihan yang ada, dan pilihan Anda tersebut nantinya akan menentukan ending yang Anda dapatkan. Cara paling cepat untuk mengenal sebuah game adalah dengan memainkannya, untuk itu Anda bisa mencoba memainkan vn singkat ini [hanya 15 menit saja]
Pertama – tama silakan dl dulu Novelty dari web di atas, ukuran size nya 34.4 MB. Kalau sudah selesai extract di tempat yang Anda inginkan, kemudian buka Novelty.exe, akan muncul layar selamat datang. Kalau Anda mengklik link di layar tersebut Anda bisa membaca dokumentasi yang ada untuk membantu supaya lebih paham :)
tampilan awal
Tampilan awal saat masuk ke Novelty
Sebelumnya, akan saya perkenalkan dulu interface-interface pada Novelty. Untuk membantu agar Anda tidak bingung coba bayangkan sebuah buku cerita dengan judul vn dimana di dalam buku itu terdapat pilihan-pilihan seperti ‘kalau Anda memilih membuka pintu buka halaman 98, kalau tidak buka halaman 34’. Jadi, di dalam 1 buku cerita terdapat banyak ending tergantung dari halaman berapa yang Anda buka. :)
story window
Story window :
Jendela berisi Chapter, Screen dan Scene. Gampangnya, tempat menaruh halaman-halaman pada buku cerita vn yang akan kita buat. Chapter Anda pasti tahu, sama seperti bab pada buku, dan setiap bab terdiri dari halaman [Page] yang isinya terserah kita mau berapa halaman. Scene, karena pada dasarnya vn itu adalah game, merupakan tempat di mana menu-menu game ditampilkan, jadi kalau kita membuat menu save, exit, option semuanya itu ada di Scene.
asset library
Asset library:
Tempat untuk menyimpan semua resources yang akan kita gunakan dalam membuat vn. [Gambar, audio, video, text box dan animasi.]
Cast manager
Cast manager :
Dalam membuat cerita, pasti nya kita memiliki tokoh. Cast manager adalah tempat para tokoh itu disimpan [kalau mau di real kan seperti belakang panggung di mana para actor menunggu sebelum mereka maju ke atas panggung]
Property inspector
Property inspector :
Tempat untuk mengatur dan melihat property dari setiap aksi yang dilakukan. [Akan lebih jelas nanti seiring dengan penggunaan Novelty]
Action window and action catalog
Action window dan action catalog :
Ke 2 jendela ini saling berhubungan satu sama lain. Action window adalah tempat menaruh aksi-aksi yang akan dilakukan dan dipilih dari action catalog. Sebenarnya, tidak perlu menggunakan action catalog untuk memasukkan action ke dalam action window. Namun secara pribadi saya lebih menyukai menggunakan action catalog.
Interface di atas adalah interface default dari Novelty. Masih ada menu-menu lainnya yang belum saya bahas, tapi untuk sekarang ini saja dulu supaya tidak bingung :)
Pertama – tama kita harus menentukan dulu cerita apa yang akan kita buat. Saya akan membuat sebuah kisah pendek tentang seseorang yang sedang berangkat sekolah dan bertemu dengan seseorang yang menawarkannya sebuah permen. Ada 2 ending tergantung apakah sang protagonist menerima permen itu atau tidak. Sederhana bukan? Mari kita mulai.
Semua asset yang saya gunakan sudah ada di dalam Novelty. Di postingan selanjutnya baru akan saya bahas bagaimana kalau menggunakan asset sendiri :)
Oh iya, saat masuk pertama kali ke Novelty, stage akan berukuran cukup besar dan harus di zoom in. Caranya dengan menggunakan scroll pada mouse. [bagi yang menggunakan laptop dan tidak menggunakan mouse, mohon maaf karena sampai sekarang saya belum tahu shortcut di keyboard untuk men-zoom in dan out stage di Novelty]
·         Kita akan menggunakan template yang sudah ada pada Novelty, jadi silakan pilih menu File->New->New project from template atau tekan Ctrl+Shift+N. Akan muncul jendela New project from template, klik New.
vn1
·         Silakan ubah judul novel dengan nama Godaan Permen dengan memilih text ‘Untitled Novel’ dan mengganti text yang ada pada kotak Text. Kalau Anda men-scroll bawah aka nada pilihan warna dan jenis text dll yang bisa Anda ganti sesuka Anda.
vn2
·         Klik Page 1.
·         Sesuai dengan cerita yang kita buat, sang protagonist sedang dalam perjalanan ke sekolah. Visual Novel pada umumnya mempunyai sedikit pengenalan cerita, untuk itu kita akan menggunakan bg langit sebagai bg pembukaan. Untuk menambahkan bg, klik tanda + pada folder Background di jendela Asset library, akan ada folder bernama KSM, klik lagi tanda + dan cari bg langit biru yang hendak digunakan. Saya menggunakan bg KSM background 36. Jangan apa-apakan dulu bg tersebut.
vn3
·         Sekarang, lihat pada jendela  Action window. Di sana sudah terdapat kotak Dialogue/Paragraph. Klik kotak itu dan tekan tanda X merah yang ada di tepi atau tekan tombol Delete pada keyboard. Pilih Change background pada Action catalog, double klik, kemudian cari bg langit tadi pada jendela Property inspector. Klik. Bg pada stage akan berganti. [UPDATE : Silakan lihat keterangan di bagian postingan paling bawah]
vn4
·         Double klik Dialogue/Paragraf pada Action Catalog, kemudian ketikkan ??? pada kotak Name di Property inspector  [atau kalau Anda ingin memberi nama misalnya nama Anda sendiri silakan :) ] dan text ‘Hari yang cerah’ pada kotak Phrase.
vn5
·         Lakukan hal yang sama dengan langkah di atas [untuk kotak Name tidak perlu mengetik ulang nama yang sudah dibuat, tekan segitiga terbalik di samping dan akan muncul nama yang sudah dibuat sebelumnya] dan ketikkan kalimat ‘Aku berangkat ke sekolah’ [yup, vn pada umumnya menggunakan sudut pandang orang pertama]. Kalau Anda ingin menambahkan cerita pembukaan yang lain silakan saja, tapi harap di ingat kalau tempat untuk menuliskan text hanya 3 baris saja, lebih dari itu Anda harus menambahkan kotak Dialog yang baru.
vn6
·         Setelah pengenalan singkat [misalnya saja Anda ingin membuat tokoh Anda baru masuk sekolah di hari pertama atau masuk ke sekolah baru karena dia pindah dari kota lain bisa saja, kembangkan imajinasi Anda :) ] sang protagonist akhirnya dalam perjalanan ke sekolah dan bertemu dengan ‘seseorang’ tersebut. Ganti bg agar sesuai dengan scenario tersebut.
vn7
Bg yang saya gunakan adalah KSM background 07, silakan cari bg lain yang Anda suka :)
·         Tambahkan dialog ‘Tiba-tiba saja aku mendengar  seseorang memanggilku’.
·         Sekarang, waktunya memasukkan actor. Pilih actor yang ingin digunakan dari folder Actors di Asset library. Kemudian klik kanan pada nama actor tersebut dan pilih Add to Scene.
vn8
·         Akan tampil gambar actor tersebut pada stage. Klik kanan pada gambar, kemudian pilih Create New actor. Akan muncul jendela Add actor to cast. Silakan ganti nama actor dan pilih warna text bila mau, gender tidak perlu dipilih tidak masalah. Kalau sudah tekan Ok.
vn9
·         Akan muncul actor bernama Peter [atau nama apapun yang Anda berikan] di jendela Cast manager. Klik pada gambar di stage dan tekan Delete. Kemudian cari pilihan Enter Actor di Action  Catalog, double klik. Kemudian pilih actor Peter dari jendela Properti inspector.
vn10
·         Pilih location terserah Anda, secara default actor akan ditaruh di tengah oleh Novelty. Pada pilihan Transition [animasi munculnya actor pada layar] ada 2 pilihan, Fade in atau Slide. Fade in akan membuat actor muncul perlahan dan Slide akan membuat actor muncul dengan cara bergeser dari kanan/kiri. Silakan pilih yang Anda suka -mau dua-duanya juga bisa- saya memilih Fade in dengan waktu 0,5 detik. Pilihan Wait to complete akan membuat program menunggu sampai animasi selesai sebelum user bisa melakukan tindakan apapun. Untuk hasil yang lebih baik saya sarankan agar pilihan ini di centang.
vn11
·         Sekarang kita akan membuat dialog Peter. Tambahkan dialog, pilih nama Peter dari kotak Name. Ketikkan ‘???, hei, itu benar-benar kamu. Lama tidak berjumpa!’ [??? adalah nama dari pemain, di postingan selanjutnya akan saya beritahu bagaimana membuat agar pemain bisa memasukkan nama mereka :) ]. Actor seperti Peter bisa diganti reaksinya setiap dialog. Untuk dialog ini kita menggunakan dengan reaksi ‘Glad’.
vn12
·         Bagi yang sudah familiar dengan vn pastinya tahu kalau kadang ada vn yang memiliki suara, untuk memasukkan suara kita tinggal memilih suara yang ingin digunakan dari menu Vocal di bagian bawah Property inspector. Novelty sudah memiliki contoh suara yang bisa kita gunakan –suara yang ada adalah suara cewek yang memang tidak cocok dengan image Peter, tapi tidak masalah karena ini baru contoh saja-, saya memilih suara Hello.
vn13
·         Berikutnya kita tambahkan dialog dari ??? dengan tulisan ‘…Kamu siapa?’. Lalu tambahkan dialog Peter dengan tulisan ‘… Peter… Kamu lupa ya?’. Change reaksi Peter ke ‘Suspicious’.
vn14
·         Tambahkan dialog dari ??? dengan teks ‘Oh … Peter? Lama tak jumpa! ’ dan dialog dari Peter dengan teks ‘Tsk, 3 tahun tidak bertemu dan kamu sudah lupa wajahku’.
·         Selanjutnya kita akan menambahkan dialog dari Peter ‘Oh sudahlah, oh iya, aku punya permen untukmu, mau?’ dan ganti reaksi Peter dengan Glad.
·         Waktunya untuk menambahkan pilihan, buat dialog ‘Apa yang akan kamu lakukan?’, jangan beri nama di kotak Name, pilih pilihan Show menu di kotak Action dialog, double klik. Di kotak Property inspector di kotak Menu style yang merupakan pilihan untuk memilih style pada kotak menu. Pilih yang manapun terserah Anda, saya menggunakan Menu style ‘Sample menu’. Secara default pilihan menu yang ada adalah 2, tidak perlu ubah itu karena sesuai dengan scenario kita akan membuat 2 ending berdasarkan pada pilihan ini. Pada tab Option 1 kotak Phrase ketikkan ‘Ambil permen itu’, pada tab Option 2 kotak Phrase ketikkan ‘Tolak tawaran Peter’.
vn15
·         Sekarang kita akan membuat endingnya. Ending pertama kalau user memilih mengambil permen itu dan memakannya maka user akan kepedasan karena permen itu berisi cabe. Ending kedua kalau tidak di ambil user akan berpisah jalan dengan Peter dan pergi ke sekolah. Dibawah setiap tab Option ada pilihan Event. Fungsi Event ini adalah untuk membuat pilihan yang akan terjadi saat user memilih option yang ada. Untuk 2 ending ini kita akan membuat pilihan pertama [Option 1] saat dipilih user akan tetap di Page 1, untuk pilihan kedua [Option 2] saat dipilih user akan pindah ke Page 2.
·         Pilih Withdraw actor dari pilihan Action catalog dan pilih Peter, kemudian ganti bg dengan pilihan Change background. Pilih bg yang manapun. Kemudian tambahkan dialog penutup untuk ending 1 dan pilih End novel dari Action catalog. [Penting! Kalau Anda sampai lupa memasukkan End novel bisa terjadi error pada vn yang Anda buat]
vn16
·         Pada jendela Story Window klik button Add page kemudian klik Page 2. Tambahkan bg dengan menggunakan Change background [atau bisa saja dibiarkan kosong juga tidak masalah] dan tambahkan dialog penutup ending 2. Kemudian tambahkan End novel dari Action catalog.
vn17
·         Test vn yang baru selesai dibuat dengan menggunakan menu Play novel as stand-alone.
vn18
·         Ups, ternyata vn yang kita buat saat di pilih kedua pilihan itu endingnya tetap ke ending1, itu karena kita belum mengubah Event pada menu ke dua. Kembali ke Page 1, kemudian ubah Event pada Option 2 menjadi Change page, akan muncul menu Page, pilih sesuai dengan yang kita buat, yaitu Chapter 1, Page 2.
vn19
·         Test sekali lagi :)
·         Vn pendek sudah selesai dibuat. Silakan berkreasi sesuka Anda untuk membuat vn yang di inginkan.
Vn postingan ini bisa di dl (*.nov)
UPDATE :
Ada bug dalam program Novelty di mana Change background tidak bekerja dan saat meng-save game saat di load bg tidak akan muncul. Untuk mengatasinya satu-satunya cara yang ada hanya dengan menggunakan Property Inspector pada Page. Jadi 1 page hanya bisa memiliki 1 bg dan untuk mengganti bg Anda harus membuat page baru. Kalau Anda mengklik Page pada Novelty akan terlihat pilihan Custom Background pada Property Inspector, centang dan pilih bg yang Anda inginkan.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di forum Novelty
Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. ^_^
:)


Sumber: http://8oni.wordpress.com/

3 komentar:

  1. gan kalau buat agar karakternya gerak bisa? jadi matanya gerak dan kedip" gitu

    BalasHapus
  2. Kalo mw karakter hidup, pake live2d kak

    BalasHapus